Sunday, February 12, 2017

Pengalaman di Sidang Meja Hijau 1 Desember 2016 [Finally, I get my Bachelor degree~]

Hai semuaaaaaaaa. long time no see^^ 
sebenernya aku mulai nulis di blog ini karena ga ada kerjaan. Yeps, nganggur. Jobless. Jobseeker✌



Aku sendiri sebenernya pengen ceritain pengalaman dari awal aku memulai mengerjakan penelitian hingga selesai dan dapat gelar sarjana secara unofficial (belum wisuda w soalnya. Noted! Wisuda diadain tgl 20-22 Februari 2017. aaaaak gasabar).



Awalnya kan aku mengakhiri semester 7, semester ter-MENCEKAM sepanjang sejarah. Guess why? kenapa menyeramkan?

Karena bagi kalian yang belum tau tentang jurusan aku, Agroekoteknologi, di semester 7 nya kami baru membagi konsentrasi kami dan aku berada di minat Hama dan Penyakit Tanaman.
Hama dan Penyakit? Kenapa menyeramkan? hahahaha panjang beeeet kalodiceritain dari awal tentang hama dan penyakit itu sendiri (kalo ada dari reader penasaran tentang jurusan ini bisa komen dan minta aku jelasin pengalaman dan ilmu dari jurusan itu. hehehe. Comment below ya sis *wink*)



Singkat cerita, aku akhirnya ngedapetin judul untuk skripsi aku, yaitu tentang ketahanan tanaman tebu terhadap suatu penyakit (Bisa kok di search di Repository USU guys hihihi)



Dalam penelitian ini, aku ngejalaninnya bareng-bareng sama temen ku. satu cewek, satu cowok

lumayan bisa menyemangati ngerjainnya lah. Jadi semangat ada doi hihihi



Tentu penelitian aku selama nyaris 9 bulan (yang mungkin sama dengan umur bayi mbrojol) gada mulus-mulusnya. Wih, rintangannya banyak sisssss



Singkat cerita,

Penelitian aku selesai dan maju untuk sidang meja hijau



1.

2.
3.
4......
PANIK!



Iya, panik kaliiiii

Sidang ini boy, pertaruhan hidup ini namanya. Selama kuliah 9 Semester, pada hari itu hidup kalian dipertaruhkan.



Aku sidang di tanggal 1 Desember 2016. Cukup cantik tanggalnya untuk diinget yakan?

hihihihi



H-7 aku udah geger sendiri. Yang takut sama pembimbing, yang takut sama penguji, bahkan takut sama hasil skripsi. Kalo ulang penelitian gimana? masa iya aku ulang penelitian 9 bulan lagi? lah kalo iya mungkin dah bisa kali temen temen sekalian nganterin anaknya masuk PAUD? (oke skip. Gaje)



Intinya selama 7 hari sebelum sidang, aku panik luar biasa. Mau makan, ingat sidang, Mau tidur juga kuingat sidang~ (jangan sambil nyanyi bacanya wkwkwkwk). Intinya ngapain aja panik. Dan di malam besok akan sidang aku terus belajar mati-matian pokoknya. Tidur gak tenang, dan aku ternyata tidur di jam 3 malam dan bangun di jam 4 malam juga dengan leher yang tecengklek(?) akibat salah tidur. Untungnya lehernya baikan, kalo engga gimana ngejalanin sidang ya gak?



Dan eng ing eng~

D-Day
1st December 2016. 10.45 AM



Dengan tangan dingin, masuk lah aku ke dalam ruang sidang. dan akhirnya bertubi-tubi pertanyaan yang terlontar

Percakapan di dalam ruang sidang
Dosen Pembimbing 1 sebagai Moderator
"Assalamualaikum, selamat pagi untuk kita semua. Pada hari ini, Saudari Medina Shafira akan melakukan Ujian Komprehensif atas Tugas Akhirnya. Terima kasih kepada bapak ibu dosen yang hadir. Apakah saudari Medina dalam kondisi yang sehat? Sudah siap?"
Medina Shafira yang belum sarjana said:
"Siap pak"
"Ok, untuk saudari Medina Shafira, Silahkan menjelaskan tentang penelitian yang saudara lakukan"
"Baik, terima kasih bapak dosen moderator, saya ....................... (ngejelasin tentang penelitian aku sekitar 15 menit)
"Sudah semuanya anda jelaskan?"
"Sudah pak, terima kasih"
"Baiklah, sekarang kita lanjut ke Dosen Penguji 1. Kepada ibu kami persilahkan"



-Dan waktu 90 menit terlewati-



"Baik, kepada saudara Medina, silahkan keluar sebentar kami akan berdiskusi.."

"Baik pak"



Keluarlah dari ruang ujian tadi, tiba-tiba netes aja air mata. Cengeng, iya. Karena aku ngerasa kayak gak mungkin aku lulus ini. Aku gak bisa jawab dengan baik pertanyaan tadi. Diluar ada 2 orang sahabat aku, yaitu Mutia dan Retta, serta senior aku yang paling baik dan ganteng, Bang Mukhlis :)

Bodo amat lah diliatin nangis, tapi emang udah gak mikirin malu aja hihi



dan setelah selama 15 menit diluar, aku disuruh masuk lagi...



"Kepada saudari Medina Shafira, anda kami nyatakan.... Lulus atau kalah????? *gaya becanda bacanya*" kata dosen pembimbing 1 aku

"Lulus lah pak~" 
Gile aja yakan, aku udah mau banjir airmata eh dosen pembimbing malah ngelawak. Akhirnya sidang tersebut diakhiri oleh canda tawa hihi
"oke oke, Saudari Medina Shafira, Kami nyatakan saudari lulus dengan nilai terbaik, Lanjutkan"
Tok, tok, tok 
(Sah Sarjana akuuuuuuuuu akkkkkkk) (Happiness overloaded)

Pengangguran baru telah lahir!

My "Pokkahboeng" mates ❤

Adik-adik HPT 013. Praktikan di Pengendalian Hayati dan Penyakit Perkebunan

Adik-adik AET 014. Praktikan di Pengelolaan Hama dan Penyakit Terpadu

AET 1 2012. Chaos 1 (errrr)

AET 1 2012. Chaos 2 (salam-salam bahagia ^^)

AET 1 2012. Chaos 3 (mau foto apa keroyokan? buhahaha)

AET 1 2012. Chaos Fix!

Ciwai AET 1 2012^^

No caption needed! hihihi

Sri Kemala aka Nining. The one who really .... (isi ning, isiii)

My unbiological brother. Bayu ^^

Parlaungan. The one who let me cried over "Autoclave Incident".
 Parlaaaaa, youre da beztttt :')

Elfrida. Sepemikiran kalo bahas cogan dan gebetan hihihi

Evi, Yang paling ngerti soal make up dan korean drama
Semangat lulus Eviii

Linda. CK ngibulin asisten sewaktu semester 7. HPT girls are strong. Right?

Mutia. Si Lepoh asal Binjai

Ria aka Buk aji

Nindong. Cewe cantiknya AET *oke aku aja ngetiknya gak terima*
*silahkan muntah*

Ekong. Temen pertama sewaktu OSPEK

Abang paling ganteng, baik, dan ramah. Bang Mukhlis
*Minat PM!* ah elahhhhh XD

"Kayak lagi berantem rumah tangga kita dek" He said

Thankieeeee all❤

The A Team
(Kiri-Kanan) Dosen Pembimbing 1 : Bapak Ir. Lahmuddin, MP
Dosen Penguji 2 : Bapak Ir. Mukhtar Iskandar Pinem, M. Agr
AKU~
Dosen Pembimbing 2 : Ibu Prof. Dr. Dra. Maryani Cyccu Tobing, MS
Dosen Penguji 1 : Ibu Ameilia Siregar, SSi, MSc, PhD

Upssss!
Papan bunga yang nyaris buat gopoh pas sidang. ditanyain sama dosen-dosen wkwkwwk
Sekian pengalaman aku dalam sidang, lebih kurang kaya gitu lah dia wkwkwk

buat yang akan melewati sidang meja hijau, kalo kata orang sidang itu ga serem, itu salah! sidang itu serem tau. kali malah.

tapi kita harus membekali diri kita, belajar dan doa. Insya Allah aman serta lancar jaya.

Sincerely,
Medina Shafira, SP

Eakkkkkk






No comments:

Post a Comment