Wednesday, January 16, 2013

Posesif ? Terlalu Ikut campur ? atau...

oke, pertama kita artikan dulu satu-satu.

Posesif. Dalam kamus bahasa Inggris arti posesif adalah; Possessive: Having or showing a desire to control or dominate. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia secara umum berarti Posesif adalah suatu sikap yang dipunyai atau ditunjukkan untuk mengontrol atau mendominasi sesuatu atau seseorang.

Posesif dalam Suatu Hubungan Manusia

mungkin sering kalian mendengar kata "posesif" sering digunakan oleh orang yang tengah berpacaran. Perlu disadari oleh kita, mungkin kalian pernah bersikap posesif pada siapapun termasuk gue juga. Coba kalian ingat-ingat tentang masa lalu. Pasti ada dan yang menjadi pertanyaan adalah sampai dimana kadar atau ukuran posesif itu.


Bagi orang yang diposesifi, dia akan merasa tidak nyaman dan terkungkung
Banyak yang menilai sikap posesif adalah suatu sikap yang negatif, cenderung merugikan orang lain dan bahkan diri sendiri. sering dari kita tidak menyadari bahwa diri sendiripun tak luput dari sifat ini. 

Contoh dari sikap posesif itu diantaranya; terlalu banyak mengatur, banyak bertanya hingga detil serta cenderung mengintrogasi, dan kuatnya unsur kecurigaan dalam diri. Hal itu dilakukan karena adanya sikap tidak merasa percaya diri pada diri sendiri, takut kehilangan, dan keinginan untuk memiliki yang terlalu kuat dan bahkan keinginan untuk mengekang.

sedangkan Ikut campur adalah sifat yang dimiliki manusia karena ingin selalu merasa ingin tahu maupun ingin terus menjadi titik fokus pada komunitas tersebut (sering disebut juga, PTT. Pantang Tak Top !)

dalam kehidupan kita sehari-hari tentu ada orang terdekat, sahabat, pacar, atau malah diri kita sendiri. tapi inget satu hal ! Jangan pernah terlalu ikut campur masalah hidup orang. toh, masalah hidup sendiri belum beres kan?? 
so, untuk menghindari perbuatan yang gue sebutkan diatas, kita seharusnya lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan orang lain yang bukan menjadi tanggungan kita (halah XD)

jadi, sekarang kalian bisa membedakan yang mana yang disebut posesif ataupun yang disebut ikut campur :)

No comments:

Post a Comment