Sunday, January 27, 2013

Kurangnya minat untuk masuk Fakultas Pertanian

kali ini gue mau bahas topik ini. iya! kurangnya minat untuk masuk Fakultas Pertanian

kenapa gue buat postingan ini? 
gue buat postingan ini karena kesel. kenapa gue selalu aja dianggap sebelah mata karena gue sekarang adalah mahasiswa fakultas pertanian.

pernah nih, pas pengumuman masuk ptn, gue ditanya.

ibu2 : lulus dimana din?
gue  : alhamdulillah di USU buk
ibu2 : wah, hebat dina! fakultas apa?
gue  : pertanian bu..
ibu2 : loh kok masuk pertanian? nanti kerja susah loh? emang minat disana? nanti gak cocok?
gue  : ....

emang matakuliah dikampus gue ada yang namanya mencangkul? terus praktikum mencangkul? enggak kan?

sumpah ya, sempit banget pemahaman orang indonesia sama fakultas pertanian? apa dikiranya sarjana pertanian itu nyangkol-nyangkol aja???????
apa sarjana pertanian kerjanya bergelut dilumpur? enggak kan?

kadang gue lebih kesel lagi kalau dibilang pertanian itu sedikit lapangan kerjanya.

HELOOOOOW~ kalo gak ada sektor pertanian elu semua mau makan darimana? 

coba elu yang merasa kalo pertanian itu sebatas nanam-nyangkol-nyiram aja mikir deh! bayangkan sehari aja elu gak make barang-barang hasil pertanian, apa yang terjadi? mati kan?

sehari tanpa beras, sehari tanpa makan, apa rasanya?

Sektor pertanian itu LUAS BANGET! 
rumpun pertanian yaitu pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, serta kehutanan. 
pertanian bukan hanya kerja di perkebunan.

padahal klo mau benar2 terjun menjadi petani dan mengerti tentang teknologinya, gue jamin semua orang akan berbondong2 menyuruh anaknya untuk masuk ke fakultas pertanian..
di fakultas pertanian sendiri ada banyak jurusan yang bisa diambil... contoh di USU ada jurusan agroekoteknologi, agribisnis, ilmu teknologi pangan, manajemen sumberdaya perairan, kehutanan, peternakan, keteknikan pertanian. disana diberi ilmu yang cukup banyak mengenai sistem pertanian, teknologi pertanian serta ilmu2 lain yang dapat mendukung pertanian itu sendiri seperti ekonomi, managemen dan ilmu komunikasi...
jadi...turunnya minat tersebut menurut gue karena kurangnya pengetahuan mengenai dunia pertanian itu sendiri...

jadi harapan gue, tolong jangan pernah menganggap kuliah dipertanian itu salah. 
PERTANIAN MERUPAKAN SEKTOR YANG TIDAK PERNAH MATI!!!
jika hancur sektor pertanian di suatu negara, maka negara tersebut akan HANCUR! 

PERTANIAN!! SATU!!

33 comments:

  1. Mantap, setuju sekali.
    Lulusan fakultas pertanian tetap akan dibutuhkan karena manusia tidak mungin hidup tanpa pertanian.

    We feed the world, adalah semboyan mahasiswa IPB sejak dulu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah membaca ^^

      akan hancur sebuah negara bila sektor pertaniannya dilalaikan.

      Delete
  2. wah, mantap kali lah
    aku juga baru masuk di MSP USU kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat datang di fakultas pertanian, dek. selamat bergabung dikeluarga fakultas pertanian

      terima kasih sudah membaca ^^v

      Delete
  3. kalau boleh tau rata-rata nilai untuk masuk di jurusan perternakan berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rata-rata untukmasuk ke suatu program studi saya juga kurang tahu :) kan itu dari pihak ptn nya, mungkin hehe ^^

      Delete
  4. setujuu !
    salam kak saya baru lulus tahun ini di agroekoteknologi usu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada junior ^^ salam kenal. terima kasih sudah membaca dek

      Delete
  5. postingan nya keren kak,,, saya baru saja lulus seleksi manajemen sumber perairan,, jadi yakin mau kuliah di jurusan itu,,, makasih kak :D (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :')

      pokoknya gak akan salah pilihan masuk kefakultas pertanian kok! hehe

      Delete
  6. Setuju kak, saya juga sering dibilangin kek gitu, tapi saya tetap milih pertanian,saya tahun ini lulus di sumber daya perairan kak hehe:D

    ReplyDelete
  7. setuju ,, bnget kak :)

    ReplyDelete
  8. Aaa pengen banget ke fakultas pertanian agribisnis usu :') doain aku di snmptn 2015 ya kak

    ReplyDelete
  9. ini yang aku cari, makasih gan artikelnya.
    sharing juga ni, dengar-dengar blog jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah kadang juga saya mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia

    ReplyDelete
  10. yeey.. SETUJU berat kk :D
    salam kenal kk :) saya baru lulus snmptn 2015 keteknikan pertanian . berarti kk udah senior saya bget nih. hehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha selamat datang adik adikku 2015 sukses terus menghadapi semuanya. Jangan pernah menyesal masuk pertanian

      Delete
  11. Bener bgt kak (y)
    Saya juga baru lulus SNMPTN 2015 jurusan Kehutanan USU :)
    Salam kenal semua semoga nanti kita bisa jadi teman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat pokoknya adik adikku 2015. Sukses pokoknya dan jangan pernah menyesal kuliah disini

      Delete
  12. Setuju banget kak (y)
    Saya juga baru lulus SNMPTN 2015 jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan..
    Salam kenal semua kak bg..
    Semoga kita bisa jadi teman kak bg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih adik adikku 2015 sukses terus ya. Dan semangat buat hari ini dan esok

      Delete
  13. Beberapa anggota keluarga saya kuliah di jurusan pertanian dan perikanan.
    Semuanya nggak ada satupun yg kemudian kerja sesuai dengan bidangnya.
    Nyari lowongan yg mengakomodir S1 semua jurusan.

    Saya penasaran, sebenarnya kuliah di jurusan pertanian/perikanan/peternakan/kehutanan dan sejenisnya itu arahnya nanti ke wirausaha? PNS? atau jadi karyawan swasta?
    PNS? Oke, formasinya lumayan banyak.
    Karyawan Swasta? Nah, saya sudah melihat sendiri, betapa minimnya posisi pekerjaan formal untuk lulusan pertanian.
    Kalaupun ada, gajinya tidak layak. Hanya sedikit perusahaan tertentu saja yg salarynya lumayan untuk lulusan pertanian, ambil contoh Bakrie, Sampoerna dan selevelnya.
    Tapi sekali lagi, jumlahnya MINIM sekali!
    Bandingkan dgn jumlah sarjana pertanian yg begitu banyaknya.
    Akhirnya kemudian pada banting setir kerja di luar bidangnya.
    Pertanyaannya, kalau memang tujuan awalnya mau jadi pegawai bank, ngapain kuliah pertanian? nggak kepakai donk ilmunya selama kuliah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya itu kembali ke diri kita sendiri. Dimana kita ingin berpijak. Kalo masalah lowongan kerja, bisa dilihat banyak lowongan untuk lulusan pertanian. Seperti perkebunan, laboratorium, penyuluh pertanian, dan di bidang akademisi, dan bahkan wirausaha.
      Seluruhnya untuk dunia pekerjaan saya juga belum terlalu tau banyak, toh saya masih berstatus mahasiswa.
      Tetapi pertanyaan anda bisa menjadi pertimbangan untuk saya dan seluruh mahasiswa serta alumnus fakultas pertanian.

      Terimakasih

      Delete
  14. Kak, ips bisa masuk pertanian gak? Katanya bisa lewat sbmptn ya kak? Yg diujiankan itu mapel apa aja ya kakk? Bantu jawab dong kak, bingung nih:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang bisa kuliah di jurusan fakultas pertanian asalkan lulus di ujian masuknya. Berarti kalo ngambil jurusan pertanian, kamu harus ikut ujian masuk yg ipa dong dan yg majelis yg diuji berarti mata pelajaran ipa. Temen gw ada kok yg dulunya smk tapi dia di pertanian kuliahnya

      Delete
  15. Kak ada grup pertanian USU gak? Mkasihhh

    ReplyDelete
  16. Beneran nih gak ada nyangkul nanem dan siram?

    ReplyDelete
  17. doain ya kak tau depan bisa masuk usu pertanian.,, ngebet banget nii.. hhehe

    ReplyDelete
  18. kak, kalau kita ingin masuk ke pertanian nilai apa yang diambil? dan berapa nilai yang harus didapatkan jika mau masuk ke fakultas pertanian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti nilai kamu di pelajaran IPA lah. untuk pertimbangan masuk ya sesuai dengan kriteria si panitia penerimanya hihi. kalau besaran nilai ya gak tau juga dek hihihi

      semangat ya

      Delete
  19. Kak, apa perbedaan agroekoteknologi sama keteknikan pertanian?

    ReplyDelete