Wednesday, January 23, 2013

Cara memilih jurusan untuk masuk perguruan tinggi

haloo everybodeeeeeh~
postingan ini gue buat karena ada adek junior gue waktu sma curhat, bingung katanya dia pilih jurusan.
nah, sebagai kakak senior yang sangat baik hati dan tidak sombong, gue bantu dia dikit-dikit. yaaah, mana tau bisa bantu~

oke, gue bakal nge-share cerita tentang pengalaman milih jurusan di PTN!

pertama kali waktu kelas 2 SMA gue itu pengen banget nget jadi aritek dan terus sampe kelas 3, gue juga pengen. akhirnya, gue dipertemukan dengan Institut Teknologi Bandung dan kebanyakan om-om (bukan om-om sembarangan ya -_- tapi adik adik ayah gue) lulusan sanah.

seleksi pertama : Jalur SNMPTN Undangan
gue termasuk siswa paling aktif dan sangat terkenal seantero sekolah (halah) jadi alhamdulillah saya dapat ikut. tapi GAK LULUS AHAHAHA XD *ngerok tanah

nampak ga nih apa yg gue pilih???
seleksi kedua : dikarenakan ga lulus undangan pastinya ikutan yang SNMPTN tulis 
gue ambil SAPPK-ITB sama Arsitektur-USU. dan, jejejejeng ga lulus juga

seleksi ketiga : GUE LULUS SELEKSI BERKAS BEASISWA MONBU KE JEPANG ! AAAAK! seneng bukan kepalang. akhirnya gue ikutan test berikutnya bersama 127 orang lainnya. disitu gue tetep keras ambil arsitektur. dan gue ga lulus -_- tapi lumayanlah nama dan asal sma gue kepampang di kantor kedutaan besar jepang heuheu

seleksi keempat : nah, gue kan ga lulus snmptn. galau dong, disaat orang bakal jelas kuliah dimana gue masih aja belum tau kuliah dimana -__- akhirnya gue ikutin seleksi masuk politeknik negeri medan. GUE LULUS BRAY~~ di D-IV Managemen Rekayasa Konstruksi Gedung ! keren kan namanya! akhirnya gue lulus dan bisa kuliah di negeri meskipun itu cuman politeknik hehe

seleksi kelima : ini pas bulan puasa, gue coba-coba ikutan UMB Reguler. dan gue juga lulus, tapi dipilihan ke-empat yaitu Agroekoteknologi-USU. galau dong milih apa ??
akhirnya dengan banyak pertimbangan, gue ambil USU. iya! pertanian! setidaknya gue udah bisa ngebanggain bapak-ibu gue lulus di USU! 

sekian perjuangan saya untuk ngedapetin 1 kursi di PTN! 

berikutnya, Cara memilih jurusan di PTN :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
sesuaikan dengan bakat yang kalian punya. liet juga dimana minat dan arah tujuan kamu untuk kuliah. pokoknya jangan sampe kamu putus arah ditengah jalan. pikirkan juga apa yang kamu inginkan, jangan asal nentuin pilihan! ajak orangtua untuk diskusi masalah ini! ini masa depan kamu loh !

2. Informasi yang Lengkap
malu bertanya, sesat dijalan! ini tepat bgt! janganlah malu untuk mencari banyak informasi agar dapat anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilih jurusan. Carilah informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, teman, tempat les atau bimbel, kakak kelas anda yang sudah kuliah dan sebagainya.
dan terpenting!  janganlah memilih jurusan hanya karena ikutikutan teman atau terpengaruh oleh trend saja!!!

3. Lokasi dan Biaya
Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jika anda merasa kurang mampu dalam persaingan tersebut jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.
Ukur kemampuan anda untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit dengan mengikuti beberapa try out yang sekarang banyak macamnya, pelajari juga soal soal tersebut setelah anda mengikuti try out agar menambah prediksi anda dalam mengerjakan soal tes nanti.
INGAT !!!
jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada Ujian Seleksi Masuk PTN ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang kamu cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuanmu! 

Ingat pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan mu!!!





Salam manis, mahasiswa semester satu fakultas pertanian Universitas Sumatera Utara~
Selamat berjuang adik-adikku! kakak tunggu di sini heheung~~





11 comments:

  1. kak, Kenapa kakak dulunya milih dipertanian USU???
    Dan apa saja sih keunggulan Atau keasyikan kuliah dibidang kyk kaka!!
    Mohon dijawab ya kak, maaf pertanyaannya ngerepotin.

    ReplyDelete
  2. Haha makasih ya udah baca postingan alay ini hahhahaa
    Jujur ya, aku lulus ke agroekoteknologi itu karena itulah pilhan yg aku lulus. Malah persepsi aku tentang pertanian Itu beda. Hihihi tapi setelah disini, aku mulai sadar kalo kuliah disini menjanjikan hihi. Kamu bisa tau ttg pertanian bs bc di post aku yg lain
    Keasyikan kuliah dipertanian itu banyaaaaak bgt susah ngejelasinnya uehehe

    ReplyDelete
  3. Kak bedanya agribisnis sama agroekoteknologi apa y? Oh iya kalau kita udah lulus seleksi berkas mombu, itu testny dimana? Di medan atau jakarta

    ReplyDelete
  4. Kalo agribisnis itu dia lebih ke sosial ekonomi pertanian, tapi kalo agroekoteknologi itu lebih ke lingkup pertanian yang kayak bercocok tanam dan berhubunganke tanaman langsung. ibaratnya kita petani gitu lah^^

    biasanya kalo lulus tes berkas, kita ujiannya dimedan

    ReplyDelete
  5. salam kenal kk :)
    makasih kk buat sarannya..

    ReplyDelete
  6. Kak boleh mintag tolong bagi.bagi soal umpn polmed saintekny'? :). Ini emaiku y kk angginasution223@gmail.com

    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Wah itu sudah berapa tahun yg lalu dek, udah gak nampak lg sepertinya. Soal untuk masuk polmed hampir mirip dgn soalnya un, selamat berjuang

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Kak mo nayak saya kan dah transfer trus saya pilih ujian ips
    Mo nanyak itu milih jurusan dua kan
    Yang mo saya tanyak bolrh gak pilihan satu d3 satunya lagi d4?
    Trus kalu kita ujiannya ips itu berarti kita hanya ujian yg bagian ips tata niaga gak ada fisikanya kan kak
    Tapi ada eko dan akuntasinya kan kak?

    ReplyDelete
  9. Yaampun kak kasus kita hampir sama di jurusan. Passion ku bener2 di Arsitektur.. Tapi, karena salah letakin jurusan di sbmptn jadi lulus di yg lain.. Tepat nya ITP USU(pertanian). walaupun aku juga suka sih sama jurusan ini tpi masih lebih cinta sama Arsitektur.

    ReplyDelete